12 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Pria

Parfum mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, tidak hanya membuat tubuh menjadi wangi, tetapi bisa membuat lebih percaya diri dan aroma tertentu dari parfum bisa menambah semangat, menenangkan diri dan tentunya menyegarkan tubuh. Parfum tidak hanya diperuntukan untuk wanita, para pria juga menganggap bahwa parfum sangat penting untuk dipakai setiap hari.

Terdapat banyak sekali merk parfum yang tersedia di toko parfum atau department store. Pastikan untuk membeli parfum di tempat yang terpercaya seperti department store atau toko parfum ternama untuk menghindari parfum palsu. 12 parfum terbaik pria dibawah ini bisa menjadi rekomendasi jika ingin membeli parfum untuk dipakai sendiri atau kado.

Cara Memilih Parfum Untuk Pria

Masih banyak pria yang bingung untuk memilih parfum yang sesuai. Aroma yang kuat dan menusuk malah bisa menganggu orang-orang di sekitar pemakainya.

Untuk mengetahui mana parfum yang tepat, pertama-pertama, mari kita lihat ketiga istilah Head Note, Heart Note dan Base Note yang terdapat dalam parfum. Ketiga istilah ini merupakan level aroma parfum yang tercium setelah disemprotkan.

Head Note merupakan aroma pada fase awal, yang akan tercium ketika parfum disemprotkan ke tubuh. Kemudian setelah Head Note menguap, maka Heart Note merupakan aroma wewangian yang tercampur dengan aroma khas tubuh, biasanya aroma Heart Note akan bertahan sekitar 2 jam tergantung dengan aktivitas tubuh.

– Aroma terakhir yang tercium dari parfum adalah Base Note. Wangi Base Note akan bertahan lama sampai akhirnya aroma parfum tidak tercium lagi. Pemilihan parfum yang tepat bisa berdasarkan dengan Heart Note yang keluar setelah 5-10 menit parfum disemprotkan di tubuh. Semprotkan sedikit parfum di kulit dan tunggu sekitar 5-10 menit sampai Heart Note tercium.

Parfum biasanya terdiri dari beberapa campuran wewangian yang diambil dari bunga, kayu, rempah-rempah, buah bahkan air. Ada beberapa jenis aroma yang terkandung di dalam parfum seperti Musk Note, Oriental Note, Green Note dan sebagainya.

Citrus Note beraroma segar karena mengandung ekstrak wewangian dari limau dan buah jeruk. Woody Note merupakan aroma yang diambil dari ekstrak kayu atau pepohonan. Wewangian yang umumnya tergolong Woody Note adalah cedarwood dan sandalwood. Musk Note merupakan aroma khas yang terkenal dengan aroma sensual. Green Note merupakan wewangian yang diambil dari ekstrak tumbuhan hijau yang menyegarkan.

– Seperti namanya, Ocean Note merupakan aroma segar dari laut. Oriental Note merupakan aroma oriental yang eksotis yang menghangatkan yang diambil dari mandarin, bunga seville, pepper, atau bergamot. Sedangkan Floral Note, pada umumnya jenis wewangian ini disukai kaum wanita karena aroma elegan dan romantis dari bunga-bungaan.

Memilih parfum juga bisa berdasarkan kebutuhan. Contohnya jika berkerja seharian di kantor, aroma parfum yang cocok adalah wangi yang segar seperti Ocean Note atau Green Note. Bagi yang berkerja di luar ruangan, bisa memilih parfum dengan aroma Citrus atau Woody Note. Untuk acara formal seperti undangan makan malam, atau gathering, cobalah aroma Musk Note yang menawan, elegan dan menggoda.

Selain berdasarkan kebutuhan, wangi parfum juga bisa disesuaikan dengan kepribadian pemakai parfum tersebut. Pria yang berkarisma dan ingin tampil classy bisa memilih parfum dengan Woody Note. Bagi para pria yang suka berolahraga, bisa memilih parfum dengan wewangian segar seperti Green, Citrus atau Ocean Note. Bagi para pria yang trendi dan berjiwa muda, bisa mencoba wewangian seperti Musk atau Oriental Note.

– Parfum juga terdiri dari beberapa jenis berdasarkan kadar alkohol yang terdapat dalam parfum tersebut. Mulai dari yang paling tinggi yaitu body spray atau body mist. Dikarenakan tingkat alkohol yang tinggi, kandungan essence atau konsentrat wangi dari body spray juga sangat rendah. Hal itu menyebabkan wangi body spray biasanya akan bertahan selama dua jam saja.

– Yang kedua, ada parfum jenis Eau de Cologne yang bisa ditemukan di berbagai department store, supermarket atau minimarket. Eau de Cologne atau yang biasanya disebut cologne di Indonesia mempunyai kadar konsentrat wangi lebih tinggi dari body spray sekitar 3-5%. Wangi Eau de Cologne bisa bertahan selama 2-3 jam.

– Yang ketiga, parfum Eau de Toilette mempunyai wangi yang akan bertahan lebih lama dari Eau de Cologne yaitu sekitar 3 sampai 4 jam. Eau de Toilette cocok digunakan untuk menghadiri kondangan atau pesta lainnya.

– Selanjutnya, Parfum jenis Eau de Perfume mengandung tingkat essence yang lebih tinggi dari Eau de Toilette yaitu sekitar 15%. Wangi dari Eau de Perfume bisa bertahan lama sekitar 6 jam. Eau de Perfume sangat cocok digunakan untuk acara formal atau pemakai tidak sempat untuk mengaplikasikan ulang parfum.

– Terakhir, Perfume atau juga biasa dikenal dengan Perfume Oil memiliki tingkat konsentrat sampai 40%. Dengan kadar alkohol yang rendah, Perfume bisa bertahan di tubuh sekitar 6 sampai 8 jam. Pemakaian perfume juga hanya di dua titik tubuh yaitu belakang telinga dan nadi saja.

12 Rekomendasi parfum terbaik untuk pria

Setelah mengetahui jenis parfum berdasarkan tingkat konsentrat dan jenis wewangiannya, 12 parfum dibawah ini adalah rekomendasi parfum terbaik untuk pria.

1. Hermes Terre D’Hermes Parfum

Terre D’Hermes Parfum dari Hermes ini diluncurkan pada tahun 2009. Pencipta wewangian melegenda ini adalah Jean-Claude Ellena. Terre D’Hermes mempunyai head note dengan aroma citrus yang segar dari grapefruit dan jeruk.

Rempah-rempah seperti lada dan bebatuan akan tercium di heart note atau fase pertengahan. Terakhir, wewangian dengan woody note seperti cedar, lumut dari pohon ek, patchouli dan benzoin akan tercium di base note atau fase terakhir.

Hermes Terre D’Hermess Parfum ini sangat cocok bagi para pria yang banyak berkerja di luar ruangan atau pria yang ingin tampil classy dan elegan. Harga Hermes Terre D’Hermess Parfum berkisar USD$ 137 atau sekitar IDR 1,950,000.

2. Chanel Bleu De Chanel

Bleu De Chanel merupakan wewangian dari Chanel yang terkenal dengan produk wewangian, kosmetik, perawatan tubuh, perhiasan, jam tangan dan fashion. Bleu De Chanel mempunyai wewangian yang maskulin dengan woody note dari Sandalwood.

Inspirasi dari Bleu de Chanel datang dari para pria yang ingin mendobrak aturan-aturan kuno. Para pria yang bisa menentukan takdirnya sendiri.
Parfum Bleu de Chanel dikemas dalam botol dengan warna biru tua yang elegan. Wangi Bleu de Chanel sangat cocok bagi para pria yang menyukai petualangan. Selain parfum, Bleu de Chanel juga tersedia dalam produk lainnya seperti shower gel, losion setelah bercukur, minyak balsem setelah bercukur, deodorant dan serum.

3. Givenchy Gentleman Original

Wewangian yang diciptakan oleh Hubert De Givenchy di tahun 1975 ini masih sangat digemari oleh penggemar parfum karena wanginya yang khas. Untuk head note, Givenchy Gentleman Original mempunyai aroma dari rempah kayu manis dan tarragon.

Heart note dari parfum ini adalah patchouli dan akar orris dan untuk base note, pemakai parfum ini akan mencium bau kulit dari Rusia, lumut dari pohon oak dan amber.
Kemasan Givenchy Gentleman Original dengan botol kaca bening dan tutup berwarna hitam sangat simpel tetapi tetap menunjukkan kesan elegan. Parfum ini merupakan parfum jenis Eau de Toilette dan wanginya sangat cocok bagi para pria maskulin modern

4. Alain Delon Samourai Eau de Toilette

Alain Delon merupakan selebritas dan desainer terkenal dari Prancis. Merk Alain Delon terkenal dengan rancangan produk mode yang mewah dan berkualitas tinggi. Pada tahun 1995, Alain Delon meluncurkan wewangian jenis Eau de Toilette khusus untuk pria dengan nama Alain Delon Samourai.

Alain Delon Samourai Eau de Toilette mempunyai wangi khas kayu-kayuan yang lembut. Campuran wewagian dari mawar, melati, lemon, bergamot, cedar, lada merah muda membuat parfum ini mempunyai wangi khas oriental dengan kehangatan rempah.

Base note dari parfum ini adalah sandalwood dan vetiver. Alain Delon Samourai Eau de Toilette cocok digunakan ketika musim semi dan mempunyai ketahanan aroma selama 3 sampai 4 jam.

5. BVLGARI Man in Black

BVLGARI Man in Black merupakan edisi khusus yang diluncurkan oleh BVLGARI pada tahun 2010 untuk merayakan 130 tahun keberadaan BLVGARI di dunia retail. Untuk head note atau fase awal, BVLGARI Man in Black mempunyai aroma rempah-rempah dan rum.

Ketika parfum ini disemprotkan ke kulit selama kurang lebih 10 menit, maka akan tercium aroma tuberose, bunga iris dan kulit. Base note atau fase terakhir dari BVLGARI Man in Black adalah campuran dari kayu, benzoin, dan guaiac. BLVGARI Man in Black merupakan Eau de Perfume yang wanginya bisa bertahan selama 6 jam. Parfum ini tersedia dalam tiga ukuran, 30ml, 60ml dan 100 ml.

6. John Varvatos Artisan for Men

John Varvatos Artisan for Men merupakan produk wewangian diluncurkan oleh John Varvatos, perusahaan dari Amerka yang terkenal dengan produk pakaian, sepatu, kulit, parfum dan aksesoris. John Varvatos Artisan for Men diluncurkan pada tahun 2009 dengan aroma khas citrus yang segar.

Selain aroma citrus, pemakai parfum ini juga bisa mencium aroma akar jahe dan pohon jeruk dari Afrika Utara. Fase terakhir dari parfum ini adalah aroma woody musk yang maskulin.

Kemasan John Varvatos Artisan for Men sangat unik, botol kaca yang dikemas dengan anyaman rotan berwarna coklat memberikan kesan maskulin dan misterius. Parfum ini tersedia dalam dua ukuran, 75 ml dan 125ml.

7. Versace Man Eau Fraiche

Versace merupakan perusahaan retail yang sangat terkenal dengan kualitas yang tinggi dan gaya yang sangat berkelas. Sejak peluncuran perdana lini produk wewangian di tahun 1981, Versace merupakan salah satu merek parfum yang dicari oleh banyak penggemar parfum. Kemasan Versace Man Eau Fraiche berwarna biru muda dan mempunyai aksen gerigi di ujungnya.

Versace Man Eau Fraiche mempunyai wangi yang lembut dari ekstrak dedaunan, buah lemon dan kehangatan musk, amber, rosewood, dan Tarragon. Walaupun memiliki aroma yang lembut, tetapi parfum ini bisa bertahan lama. Versace Man Eau Fraiche tersedia dalam ukuran 200ml, 100ml, 50ml, 30ml dan ukuran mini 10ml cocok untuk dibawa ketika traveling.

8. Penhaligon’s Sartorial

Sartorial merupakan produk wewangian dari Penhaligon’s, perusahaan dari London yang terkenal dengan produk mandi, perawatan tubuh, wewangian dan lilin beraroma. Penhaligon’s Satorial diciptakan oleh Bertrand Duchaufour dan diluncurkan pada tahun 2010.

Penhaligon’s Sartorial mempunyai wangi unik dari daun violet, lada hitam, jahe, kapulaga, efek ozon dan efek metalik. Untuk heart note, aroma kulit, lavender dan beeswax tercium dari parfum ini.

Sedangkan base note dari parfum ini terdiri dari kayu gurgum, patchouli, kayu cedar, kacang tonka, lumut dari pohon Oak, musk, vanila dan madu. Parfum Penhaligon’s Sartorial mempunyai kemasan khas Penhaligon dengan tutup bulat dan pita dan tersedia di ukuran 100ml.

9. Hugo Boss Hugo Iced

Hugo Boss merupakan perusahan retail yang terkenal tidak hanya untuk produk wewangian tetapi juga pakaian, sepatu dan aksesoris. Pada tahun 2017, Hugo Boss mengeluarkan wewangian terbaru Hugo Iced untuk pria. Hugo Iced dikemas dalam botol yang unik seperti botol minum dari metalik dan tersedia dalam dua ukuran: 200ml dan 125ml.

Hugo Iced Eau de Toilette mempunyai sensasi dingin yang bisa membuat pemakai parfum ini menjadi lebih bersemangat. Head note dari parfum ini adalah daun mint yang dingin dan di fase tengah akan tercium aroma dari daun teh yang menyegarkan. Base note dari parfum ini adalah akar-akar dari India yang memberikan kesan maskulin.

10. Calvin Klein CK BE

Pada tahun 2019, Calvin Klein meluncurkan dua produk parfum dengan nama CK ONE dan CK BE sebagai edisi terbatas. Calvin Klein CK BE merupakan parfum unisex yang bisa dipakai oleh pria dan wanita. Dengan tema “Be-Yourself” yaitu menjadi diri sendiri, wangi yang ditonjolkan dari parfum ini adalah aroma yang lembut, intim dan sensual.

Calvin Klein CK BE mempunyai head note campuran dari juniper, lavender, daun-daunan, buah mandarin, bergamot dan peppermint. Heart note dari parfum ini merupakan campuran dari bunga-bungaan seperti magnolia, freesia, anggrek dan melati. Untuk fase terakhir atau base note, CK BE mempunyai aroma musk, vanili, amber dan kayu-kayuan seperti cedar dan sandalwood.

11. Giorgio Armani Eau Pour Homme

Pada tahun 1984, Giorgio Armani meluncurkan produk wewangian pertama dengan nama Eau Pour Homme yang terkenal dengan wanginya yang maskulin.

Pada tahun 2013, rumah mode Armani meluncurkan versi terbaru dari parfum ini dengan wangi yang kuat, segar dan tajam. Walaupun tidak banyak berubah dengan versi lamanya, Eau Pour Homme versi terbaru mempunyai desain botol yang baru.

Di fase awal, pemakai parfum ini akan mencium aroma mandarin orange, daun kemangi dan bergamot. Di fase tengah, aroma dari cengkeh, pala dan lili akan hadir. Berikutnya, pemakai parfum ini akan bisa mencium aroma lumut pohon oak, sandalwood dan patchouli. Parfum ini tersedia dalam kemasan 100ml.

12. Issey Miyake L’Eau d’Issey Pour Homme

L’Eau d’Issey Pour Homme merupakan parfum dari Issei Miyake Inc. dan diluncurkan pada tahun 1994. Parfum ini mempunyai desain yang elegan melambangkan persatuan dari batu dan air. L’Eau d’Issey Pour Homme terinspirasi dari kesegaran air terjun dan keanggunan yang natural.

L’Eau d’Issey Pour Homme mengandung tiga ekstrak wewangian dari buah yuzu dari jepang yang dominan, rempah-rempah dari kayu manis dan pala dan aroma kayu dari sandalwood dan cedar.

L’Eau d’Issey Pour Homme termasuk dalam jenis Eau de Toilette dan tersedia dalam kemasan 40ml, 75ml, 125ml dan 200ml. Parfum ini sangat cocok bagi penggemar produk wewangian dengan citrus note yang menyegarkan.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memakai Parfum

Ketika memakai parfum, cara yang tepat adalah menyemprotkan parfum ke area titik nadi seperti di belakang telinga atau pergelangan tangan. Hal ini dikarenakan adanya aliran panas di aera titik nadi tersebut yang bisa membuat aroma parfum bisa merata ke seluruh tubuh.

Kebanyakan orang ketika memakai parfum di pergelangan tangan akan menggesekan tangan sehinga wangi parfum bisa cepat terserap. Cara ini sebenarnya salah dikarenakan wangi parfum akan berbeda ketika digesekan ke kulit. Selain nadi di pergelangan tangan dan belakang tangan, area tubuh yang bisa disemprotkan parfum adalah leher dan belakang lutut.

Aroma parfum ternyata bisa berbeda pada tiap pemakainya. Hal ini disebabkan setiap orang mempunyai aroma tubuh yang berbeda dan ketika aroma tubuh tersebut bercampur dengan aroma parfum akan mempunyai aroma tersendiri dan berbeda dengan orang lain. Maka ada baiknya untuk mencermati kombinasi wangi parfum dan aroma tubuh apakah sudah cocok atau malah menimbulkan bau menyengat.

Tidak semua orang cocok memakai semua jenis parfum. Ada beberapa orang yang mempunyai alergi dari jenis parfum tertentu. Alergi tersebut bisa terlihat dari rasa gatal dan muncul ruam merah dari kulit. Bagi yang mempunyai kulit sensitif, parfum kadang disemprotkan ke baju untuk menghindari reaksi alergi. Tetapi, warna parfum yang tidak netral akan bisa menimbulkan noda ke baju.

Kesimpulan

Parfum mempunyai beragam jenis, baik dari tingkat essence yang menyebabkan aroma parfum bisa bertahan lama, aroma di fase awal, tengah dan akhir. Ketika akan memilih parfum, pastikan wangi parfum tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan dan juga pribadi pemakai.

Parfum dengan aroma yang segar dan lembut akan cocok digunakan pada siang hari, sedangkan parfum yang mempunyai bau kuat dan maskulin cocok digunakan pada malam hari. Belilah parfum di department store atau toko parfum ternama yang terjamin keaslian produknya.

Sebelum membeli parfum, pembeli juga bisa mengecek di website sebagai perbandingan harga. Jangan tergiur dengan parfum harga yang lebih murah dari website karena bisa saja parfum tersebut palsu.