12 Rekomendasi Softlens Warna Terbaik

Diawali dari menjawab kebutuhan akan alternatif dari kacamata, softlens sekarang sudah berkembang menjadi salah satu item fashion yang wajib dimiliki, terutama untuk wanita. Bukan hanya membantu mempertajam penglihatan, softlens warna dijamin membuat wajah jadi lebih menarik dan berbeda dalam sekejap. Karena itu, yang matanya tidak perlu kacamata saja sekarang ikut berburu soflens.

Karena minat pasar akan barang ini tinggi, siapapun punya segudang pilihan merek dan warna. Kadang, ini membuat calon pembeli bingung memilih juga. Sekilas semua kelihatannya bagus. Hati-hati, karena untuk mata, memilih soflens sebaiknya juga jangan sembarangan. Memilih soflens warna terbaik tidak bisa dilihat dari grafik atau warna yang ditawarkan saja.

Cara Memilih Softlens Warna

Memilih softlens warna bisa dibilang sedikit lebih sulit dibandingkan memilih softlens bening biasa. Ini karena ada faktor warna yang harus diperhitungkan dengan baik juga. Tidak ada salahnya menggunakan softlens warna bahkan untuk sekadar gaya saja. Ini dia langkah-langkah memilihnya.

Cek Ukuran Minus Mata

Hal yang paling penting sebelum membeli softlens adalah mengecek ukuran minus mata, terutama bagi yang matanya memang sudah minus sejak awal. Sebaiknya cek di dokter atau optik karena memang ada alatnya sendiri. Kadang, minus mata seseorang bertambah atau berkurang seiring waktu. Jadi jangan asal menggunakan ukuran yang terakhir.

Jangan khawatir, semua merek softlens baik yang berwarna maupun bening tersedia dalam ukuran minus juga. Beberapa bahkan tersedia dalam ukuran plus. Jadi pembeli bisa memilih yang sesuai dengan ukurannya. Gunakan ukuran yang tepat, tidak kurang atau lebih, agar penglihatan tetap tajam dan nyaman dalam kondisi apapun.

Pilih Merek Yang Memang Direkomendasikan

Seperti sudah disinggung sebelumnya, ada banyak sekali pilihan untuk softlens berwarna saat ini. Ada berbagai merek, varian, tipe, warna, dan bahkan ukuran diameter. Tetapi hal yang terpenting adalah memilih mereka yang direkomendasikan. Mereka yang mana itu? Pembeli harus bisa membedakan mereka yang mencari penampilannya saja dan yang memperhitungkan faktor kesehatan mata juga.

Pilih merek yang dikenal bagus kualitas produknya jadi mata tidak rusak. Pembeli juga perlu memilih merek yang memikirkan kadar air, kelengkungan yang tepat, dan bahan yang sesuai dengan mata. Sepertinya memang rumit, tapi sebenarnya ada cukup banyak mereka yang bisa dipertimbangkan sebagai pilihan.

Pilih Kadar Air Sesuai Kondisi Mata

Kadar air pada softlens adalah hal yang penting. Pembeli seringkali mengabaikan hal ini. Kadar air pada softlens menentukan kenyamanan saat pemakaian. Kalau salah pilih, mata bisa jadi kering. Mata yang kering saat memakai softlens memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena iritasi dan tidak nyaman.

Kadar air softlens tertera pada kotak kemasannya. Menurut dr. Fenita Antonius di situs Alodokter.com, semakin besar kadar airnya, maka makin besar pula softlens ini menyerap air mata. Berarti, mata akan lebih cepat kering. Dan sebaliknya. Pilih yang kandungan airnya sedang agar mata tidak cepat kering dan iritasi saat pemakaian.

Pilih Diameter Yang Tepat

Sekarang, ada banyak sekali softlens dengan diameter lebih besar dari biasanya. Memang, softlens ini kalau dipakai terlihat bagus. Yang memakai terlihat lebih cantik karena matanya tampak besar. Ternyata ini memberi efek samping.

Diameter yang lebih besar berarti permukaan mata yang tertutup softlnes jadi lebih banyak. Permukaan untuk mata bernafas juga lebih sedikit. Jadi pilih yang diameternya sekitar 14 mm saja supaya mata tetap mendapat udara dan sehat selama memakai softlens.

Pilih Warna Yang Sesuai

Memilih softlens warna berarti juga memilih warna yang akan membuat fitur wajah lebih menonjol dan lebih menarik. Saat ini, ada banyak sekali pilihan warna dari yang normalnya ada seperti biru, hijau, coklat, dan coklat muda, sampai yang aneh-aneh seperti ungu dan merah muda.

Walaupun sah saja memakai warna apa saja terutama kalau untuk gaya, tetapi warna yang paling cocok adalah warna yang sesuai dengan warna kulit. Warna seperti ini akan lebih tampak seolah warna asli mata yang memakai.

12 Rekomendasi Softlens Warna Terbaik

Setelah tahu langkah memilihnya, ada baiknya mencari tahu softlens warna apa saja yang saat ini sedang tren, bagus, dan memang direkomendasikan untuk mata. Ini dia softlens berwarna yang bisa dipertimbangkan untuk dibeli.

1. Exoticon X2 Bio Softlens Brown Byonce

Entah kenapa namanya mirip dengan salah satu penyanti wanita kelas dunia Beyonce, yang jelas softlens berwarna yang satu ini sangat direkomendasikan.
Dirancang agar nyaman untuk dipakai, softlens ini tidak tebal dan keelastisannya pas untuk mata. Dibuat dengan teknologi sandwich dyeing doughnut, softlens ini tipis dan rasanya seperti tidak sedang pakai softlens.

Softlens ini saat ini dijual dengan harga sekitar Rp 65.000, dan bisa dipakai selama 6 bulan. Selain bisa dibeli di beberapa optik lokal, softlens ini bisa dibeli secara online di situs e-commerce. Kadar airnya sekitar 45% yang sudah cukup nyaman dan aman untuk mata.

2. Exoticon Ice Silver Light Grey

Merek ini sebenarnya sudah populer sejak lama di kalangan pembeli softlens. Sudah terdaftar di Kementrian Kesehatan Indonesia, merek ini memiliki ketipisan dan kelembapan yang pas untuk mata.

Softlens berwarna ini dikenal paling awet warnanya. Ini karena softlens ini dibuat dengan sistem berlapis pada warnanya dan dengan teknologi polimerisasi. Teknologi inilah yang membuat warna lebih awet dan tidak memudar, bahkan setelah pemakaian 6 bulan sampai 1 tahun.

Warnanya yang Light Grey memang sedang tren saat ini, karena terlihat natural sekaligus dramatis. Softlens ini memberi kesan mata eksotis tanpa tampak berlebihan atau alay.

3. Ageha Natural Brown

Ageha merupakan merek softlens dari Jepang tidak hanya dibuat dengan teknologi tinggi tetapi juga memberikan kesan aestetik yang istimewa. Merek ini belakangan mulai lebih dikenal dan ramai dibeli karena kedua alasan tersebut.

Harganya berkisar antara Rp 180.000 – Rp 190.000 saat ini. Harganya memang sedikit lebih mahal dibandingkan merek lain umunya. Kecekungannya sekitar 8,9 mm dan kadar airdnya sekitar 65%. Diameter softlens mencapai 14,5 mm yang menjadi 16 mm ketika dipakai. Itulah kenapa, softlens ini membuat mata menonjol dan tampak seperti mata boneka.
Warna natural brown-nya sangat direkomendasikan karena tampak alami tanpa meninggalkan kesan cantik dan imut seperti boneka.

4. Gel Berry Black Choco

Merek asal Korea ini juga masuk dalam daftar rekomendasi karena kualitasnya. Untuk memastikan kenyamanan saat dipakai, softlens ini menggunakan 90% bahan dasar berupa gel. Bahan gel ini memastikan mata tetap nyaman bahkan untuk pemakaian yang lama.

Kecekungannya sekitar 8,6 mm dan diameternya sekitar 14,5 mm. Kadar airnya cukup direkomendasikan, yaitu 55%. Softlens ini dijual dengan kisaran harga Rp 20.000 sampai Rp 39.000.

Ukuran diameternya memang memberikan kesan natural pada mata, begitu pula warnanya yang waktu dipakai tampak seperti warna asli mata. Hanya saja, hati-hati saat memakai karena warna depan dan sama tampak sama, jadi bisa saja terbalik.

5. Sweety Spatax Brown

Softlens berwarna yang satu ini juga masuk dalam daftar rekomendasi terbaik. Merek ini memang tidak sepopuler merek lainnya, tetapi sebenarnya tidak kalah bagus. Diameter softlens sekitar 14,5 mm dan kadar airnya 40%.

Dibanderol dengan harga sekitar Rp 75.000-an, softlens ini dikenal dengan warna dan desain grafik pada softlens yang sederhana dan alami. Warna brown-nya akan membuat seolah-olah itu warna asli mata, tampak bersinar, dan sangat cantik.

Memang tidak ada garis pada pinggiran softlens, dan ini adalah keunikannya. Untuk mereka yang ingin matanya tampak bersinar tanpa motif aneh-aneh pada softlens, ini adalah pilihan yang cantik dan tepat.

6. Softlens Acuvue

Merek ini sudah dikenal lama, bahkan sebelum merek-merek lain dengan warna-warna seru mulai bermunculan. Tidak hanya menawarkan warna bening atau transparan, merek ini juga memberikan opsi warna-warna lainnya.

Harganya memang terbilang mahal, yaitu mulai Rp 150.000-an sampai Rp 385.000-an. Jangka waktunya juga bervariasi, dari yang per dua minggu, sebulan, sampai setahun. Ada juga varian One Day Acuvue True Eye untuk sehari pemakaian saja. Pembeli bisa memilih sesuai kebutuhan saja.

Yang paling menarik dari merek ini adalah teknologi yang melengkapi. Dengan teknologi Lacreon, mata akan terjaga kelembabannya. Teknologi One Day Moist memastikan mata tetap lembab bahkan untuk pemakaian seharian penuh.

7. Softlens Nobluk

Nobluk sebenarnya bukan merek tapi jenis varian yang dikeluarkan oleh perusahaan Dream Con. Nobluk merupakan varian yang memberikan kesan doll eyes, dimana mata terlihat lebih besar saat memakai softlens ini. Walaupun perusahaan Thailand, Dream Con mempercayakan pembuatan softlensnya di Korea, yang memang terkenal dengan teknologi softlens-nya.

Kecekungan softlens ini sektar 8,6 mm dengan diameter 14,5 mm. Kadar airnya mencapai 42% sehingga nyaman dipakai seharian. Perlindungan dari UVA-nya 75% dan dari UVB-nya 99%. Warnanya tampak lebih natural walaupun tetap ada ring color di pinggirnya. Saat ini, Nobluk dijual dengan kisaran harga Rp 27.000 – Rp 178.000, tergantung model dan variasinya.

8. Dreamcon Valentine Series

Dikeluarkan oleh perusahaan yang sama dengan Nobluk, softlens ini menjadi rekomendasi terbaik untuk mereka yang beraktifitas tinggi di luar ruangan. Seperti bisa diduga dari namanya, varian ini menawarkan warna yang dramatis dengan gurat-gurat halus dan ring color tipis. Ketika dipakai, softlens ini tampak dramatis tapi cukup natural.

Dijual dengan kisaran harga Rp 125.000-an, softlens ini juga dibuat dengan teknologi untuk menangkal bakteri dan mencegah iritasi mata. Dengan perlindungan UVA 75% dan UVB 99%, tidak heran kalau softlens ini sering dipakai model untuk sesi pemotretan di luar ruangan. Harganya memang agak mahal tapi sebanding dengan kualitasnya.

9. Lumiere Softlens Winter Melon

Softlens ini dibuat untuk menjawab kebutuhan akan softlens yang nyaman bahkan kalau dipakai sampai 12 jam.

Softlens ini dibuat tipis dan lembut, sehingga hampir tidak terasa kalau menggunakan softlens. Untuk mereka yang memang harus menggunakan softlens seharian setiap hari, ini merupakan pilihan yang pas. Dengan ekstra perlindungan UVA dan UVB, softlens ini juga nyaman dipakai untuk kegiatan di luar ruangan.

Warna winter melon memang sedang viral saat ini. Warnanya tampak natural dan lembut tetapi level hijaunya memang menarik dan membuat tampak lebih terang. Secara mengejutkan, warna ini cocok juga untuk kulit orang Indonesia yang eksotis.

10. Exoticon X2 Diary Brown

Varian dari Exoticon ini memang sangat terkenal dan bisa dibilang salah satu dari yang paling populer saat ini. Softlens dari merek ini dikenal memiliki kelenturan yang nyaman dan tidak tebal. Softlens juga tidak cepat kering dan nyaman dipakai seharian.

Varian X2 memiliki banyak pilihan warna dan Diary Brown memang sedang hits saat ini. Warna coklatnya natural dan cocok untuk pemakaian sehari-hari. Walaupun natural, warnanya tidak meninggalkan kesan dramatis dan mencolok khas X2. Bukan hanya cocok untuk sehari-hari, tidak diperlukan makeup mata dramatis untuk membuat softlens ini cocok di hari spesial juga.

11. Softlens Zuhra

Nama Zuhra sebenarnya diambil dari bahasa Arab yang berarti bunga. Arti nama ini juga konsisten dengan deasin softlens-nya. Motif pada softlens memang tampak seperti kelopak bunga yang mekar. Selain tampak cantik, motif ini bisa dibilang unik karena belum ada yang menyamai.

Softlens ini sedang hits juga karena dikenal sebagai softlens yang halal dan sudah mengantongi seritifkasi halal dari MUI. Kebanyakan produknya ditawarkan untuk 6 bulan pemakaian dan dikenal nyaman dan cukup tipis untuk dipakai berjam-jam dalam sehari.

Dijual dengan kisaran harga Rp 58.000 sampai Rp 69.000, softlens ini sebenarnya lebih cocok dipakai dengan riasan walaupun bagus juga dipakai sehari-hari. Kadar airnya 55% dan diameternya 14,5 mm.

12. Eos Almond Brown Color Lens

Softlens yang satu ini sangat direkomendasikan dipakai kalau ingin mendapat efek mata besar dan cantik seperti boneka. Softlens ini bisa dibeli dengan harga Rp 69.000 – Rp 90.000 per pasang, dan tersedia untuk mata minus sampai -6.00.

Diameternya standar 14,5 mm dengan kadar air mencapai 38%. Warna Almond Brown saat ini memang sedang populer dan digemari. Seperti namanya, warna coklat yang ditawarkan lebih seperti warna coklat kacang almon yang hangat dan lembut.

Walaupun begitu, ring color hitam di pinggirnya memberi kesan mata tegas dan bersinar tanpa kesan berlebihan. Softlens ini cocok untuk sehari-hari dan bisa dipakai sampai 1 tahun.

Kesimpulan

Memilih softlens berwarna memang tidak bisa asal-asalan. Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan. Untuk pilihan cepat dan sudah pasti bagus, pilih salah satu dari yang direkomendasikan di atas. Sudah jelas kualitasnya bagus, warna dan motifnya pun menarik. Jadi tidak usah bingung memilih dan menimbang lagi.